Cara mudah untuk cek oli mesin naik atau tidak di motor CB, GL, Megapro, dan Tiger

Fungsi oli memang tidak bisa diacuhkan begitu saja. termasuk pula dalam permasalahan sirkulasi pelumas yang ada di dalam mesin kendaraan bermotor. Jika terjadi permasalahan dalam sirkulasi oli, bisa-bisa komponen mesin yang di dalam mesin cepat rusak/aus. Jadi saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk cek apakah oli mesin naik atau tidak khususnya di motor CB, GL, MP, dan Tiger. Yo pokoke keluarga honda GL lah wkwkwk.

Lalu bagaimana caranya agar kita tahu bahwa sirkulasi oli di mesin motor kita mengalami permasalahan? Tanda - tanda yang bisa saja mengindikasikan bahwa oli mesin tidak naik biasanya ada suara kasar di head. Gesekan komponen yang ada di head yang terjadi secara terus menerus tanpa pelumas oli akan aus serta tabrakan antar komponen menjadi tidak maksimal karena gesekan antara benda keras yang tidak dilumasi oli. Tanda yang selanjutnya adalah suhu mesin naik dengan cepat. Bukan berarti tanda-tanda tersebut mutlak tentang permasalahan oli yang tidak naik. 

Nah, disini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cek oli mesin naik atau tidak sebelum kita memvonis pompa oli yang rusak atau jalur oli yang tersumbat dan sebagainya. Karena walaupun kita merasakan mesin cepat panas dan berbunyi berbisik bukan berarti sirkulasi oli mesin yang bermasalah, daripada terlanjur bongkar mesin tapi ternyata permasalahan nya bukan karna oli kan repot hehehehe. Ada 2 cara mudah untuk cek oli mesin naik atau tidak, begini caranya,

1. Dari sunduk sate sebelah kanan


Caranya sangat mudah, tinggal buka bagian yang saya lingkari di gambar dengan kunci ukuran 12 atau disesuaikan dengan punya dulur masing-masing. Setelah dibuka, silahkan dinyalakan mesinnya. Diengkol opo dipencet, terserah sampeyan wkwkwk. Nah, apabila pompa oli masih normal, dari lubang sunduk sate yang tadi dibuka akan keluar oli. Jika oli tidak keluar, bisa saja pompa oli tidak berjalan dengan baik atau jalur oli ke head ada yang tersumbat.

2. Dari Lubang Klep


caranya, buka tutup klep (seperti yang ditunjuk pada gambar). Boleh tutup klep in atau ex atau bahkan keduanya. setelah dibuka, silahkan mesin motornya dinyalakan. Jika oli bekerja dengan baik, maka olinya akan keluar dari lubang klep berupa cipratan2 ketika mesin dalam kondisi menyala, bahasa gampange muncrat-muncrat wkwkwk.

Dua cara sederhana diatas bisa dulur-dulur praktekan karena memang sangat mudah sekali. Sekian dulu trik sederhana dari Karya Murahan. Selamat mencoba :D

No comments for "Cara mudah untuk cek oli mesin naik atau tidak di motor CB, GL, Megapro, dan Tiger"