Cara Alami Mengobati Batuk dan Batuk Berdarah

Batuk merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita di kalangan masyarakat, dengan persentase sebesar 15% pada anak-anak dan 20% pada orang dewasa. Ada dua macam batuk, yaitu yang menghasilkan dahak (batuk basah) dan yang tidak menghasilkan dahak (batuk kering). Batuk berdahak merupakan mekanisme perlindungan tubuh karena berfungsi menghilangkan atau mengeluarkan dahak yang mengandung zat asing (kuman, debu, dan lain-lain) Batuk kering terjadi akibat rangsangan benda asing, iritan atau alergan, dan sering menyertai selesma sehingga sebaiknya ditekan (Ikawati, 1995)


Batuk dapat disebabkan :
a) Kurang tidur
b) Masuk angin
c) Banyak berkendara
d) Udara kotor atau berdebu
e) Sesak nafas karena rokok

Pengobatannya :
a) Air jeruk pecel dicampur dengan kecap terus diminum, lakukan sehari 3 kali sampai sembuh
b) Ambillah jeruk nipis 2 biji, buah pala separo, cengkih dan daun sirih secukupnya. Cuci bersih dan direbus dengan air secukupnya dapat ditambah dengan gula batu/gula aren. Setelah mendidih tunggu sampai dingin dapat diminum pagi-sore sampai sembuh.
c) Ambillah buah apel dua atau tiga, campurlah dengan gula pasir dan siap untuk diminum sebagai obat. Selamat mencoba

Batuk berdarah dapat disebabkan oleh radang paru-paru, sedang penyakit itu disebabkan oleh kuman – kuman tuberkulosis. Penyakit ini mudah sekali menular dapat dengan pakaian, bahkan melalui udara dari nafas orang/penderita langsung.

Gejala awal :
a) Sesak nafas/sakit
b) Nafsu makan kurang
c) Batuk berlendir bahkan berdarah
d) Suhu badan naik sampai 41OC lebih
e) Muka pucat dan berkeringat di malam hari

Seyogyanya :
a) Istirahat yang cukup dan tenang
b) Bernafas di tempat segar dan bersih
c) Makanan yang bergizi dan segar

Pengobatannya :
Ambillah kunir, kencur secukupnya bersihkan dengan air sesudah dikupas, tumbuklah dengan halus persalah dan tambahkan air rebuslah sampai mendidih dapat ditambah dengan gula Jawa atau gula batu setelah dingin dapat diminum setengah gelas pagi dan sore, minumlah berulang-ulang.





Sumber :
Lembaga Penelitian Pengembangan Dan Pemberdayaan Lingkungan. 2000. Pemanfaatan Tumbuhan Alami Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Alternatif. Semarang : Lp3l Jaya - Madani – Semarang.
Ikawati Z 1995. Memilih Obat Batuk yang Tepat. Buletin ISFI. 2 (2): 15-22

No comments for "Cara Alami Mengobati Batuk dan Batuk Berdarah"