Pengobatan Sakit atau Nyeri pada Kepala dengan Tumbuhan Alami


Nyeri/Sakit kepala merupakan keluhan pasien yang paling umum diungkapkan di seluruh dunia. Nyeri/Sakit kepala adalah Nyeri yang dirasakan di bagian kepala atau disebut juga sefalgia. Berdasarkan gambaran anatomi, Nyeri kepala adalah Nyeri yang dirasakan di atas garis orbitomeatal dan belakang kepala, tidak termasuk Nyeri di area orofasial, seperti hidung, sinus, rahang, sendi temporomandibular, dan telinga. Sekitar 50% populasi dunia mengalami Sakit kepala setiap tahunnya dan lebih dari 90% menyatakan pernah mengalami Sakit kepala.

Nyeri/Sakit kepala secara umum dapat dibedakan menjadi Nyeri kepala primer dan Nyeri kepala sekunder. Nyeri kepala primer mencakup Nyeri kepala tipe tegang, migren, dan klaster. Sedangkan, Nyeri/Sakit kepala sekunder merupakan kondisi yang diakibatkan oleh penyebab lain, seperti trauma kepala dan leher, gangguan vaskularisasi kranial dan servikal, gangguan intrakranial non-vaskular, penggunaan obat maupun putus obat, infeksi, gangguan homeostasis, ataupun gangguan psikiatrik.
Sakit kepala biasanya tidak berdiri sendiri, artinya ada beberapa hal yang terkait dengan sakit kepala itu sendiri. Sakit kepala atau kebiasaan orang menyebutnya dengan pusing dapat disebabkan oleh :
a) Kelelahan
b) Masalah berat
c) Kurang tidur
d) Masuk angin
e) Kepenatan mata
f) Dsb.


Lalu bagaimana untuk perawatan dan pengobatannya agar kita bisa mencegah dan atau mengobati sakit kepala ? berikut ini adalah uraian tentang perawatan dan pengobatan pada sakit kepala dengan tumbuhan alami atau secara herbal.


Perawatannya :
1. Istirahat yang cukup, atau tidur yang teratur
2. Tempat istirahat hendaknya bersih, serasi, dan udaranya segar
3. Merendam kaki dengan air hangat beberapa saat

Pengobatannya :
1. Satu jeruk nipis dan beberapa helai daunnya ditumbuk halus. Kemudian ditambah dengan minyak kelapa secukupnya untuk menggosok leher atau pelipis.
2. Beberapa batang kangkung dengan daunnya dibersihkan lalu dimasukkan ke dalam air yang mendidih beberapa saat jangan sampai terlalu masak dan pakailah untuk lalapan makan pagi dan sore. Kerjakan dua atau tiga hari biasanya akan lebih baik.
3. Ambil setengah gelas air teh yang agak kental dan ditambha dengan satu sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok makan madu yang murni. Kemudian sedu dan minumlah pada saat pagi dan sore hari

Alternatif lain :
1. Kunir secukupnya
2. Gula Jawa dan garam sedikit. Kunir setelah diparut dan disaring, rebuslah sampai mendidih kemudian ditambah dengan gula Jawa dan garam sedikit. Minumlah dua atau tiga kali sehari.

Anjuran :
Istirahatlah yang cukup, makanlah yang bergizi, hindarkan dari pemikiran yang berat. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Dalam pengobatan menggunakan bahan alami, reaksi yang dihasilkan akan berbeda dengan pengobatan menggunakan obat kimia. Penggunaan bahan alami secara teratur akan menghasilkan hasil yang diinginkan apabila digunakan secara teratur. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara yang ada diatas atau mengombinasikannya. Karena penggunaan bahan alami lebih aman dibandingkan obat-obatan kimia.














Sumber :
LEMBAGA PENELITIAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN. 2000. PEMANFAATAN TUMBUHAN ALAMI UNTUK KESEHATAN dan PENGOBATAN ALTERNATIF. Semarang : LP3L Jaya - Madani – Semarang
Sonnia Haryani, dkk. 2018. PENATALAKSANAAN NYERI KEPALA PADA LAYANAN PRIMER. Callosum Neurology. Vol. 1 (3). Halaman 80-88

No comments for "Pengobatan Sakit atau Nyeri pada Kepala dengan Tumbuhan Alami"